4 Gaya Popular Post Widget Blog

14 July, 2014

Pada Blogger kita bisa dengan mudah menambahkan widget "Popular Posts", kita hanya perlu menambahkan widget tersebut melalui dashboard blogger -> tata letak/layout -> tambahkan/add gadget -- selesai, maka widget popular posts akan plugin pada blog kita, dan kita bisa menempatkannya dimanapun pada ruang blog kita.

Widget ini menunjukkan informasi posting/artikel mana saja yang paling banyak dikunjungi/baca oleh pengunjung blog kita, dan pada widget ini pula kita bisa memiliki option 4 kombinasi tampilan popular posts :

  1. only the title of the post/hanya judul postingnya saja,
  2. a thumbnail of the image and the post title/hanya thumbnail dan judul postingnya saja,
  3. post title with a summary, and/judul dengan ringkasan postingan, dan
  4. post title with a thumbnail and a post snippet/judul postingan dengan thumbnail dan potongan/cuplikan postingan. 
Elemen/widget ini tidak boleh kita lewatkan di blog, karena widget ini mengajak pengunjung untuk menavigasi  isi konten dan yang akan menghasilkan peningkatan jumlah halaman yang dikunjungi, dan pada gilirannya, dapat menarik minat para pengguna untuk berlangganan ke blog dan untuk membaca konten-konten yang menarik.

Langkah awal: Tambahkan gadget, jika kita belum memasang widget popular posts adalah,
  • Pilih "Layout/tata letak" tab dan menambahkan "Popular Posts" gadget di bagian blog kita, kita bisa bebas meletakkannya, seperti di sidebar, dengan mengklik "Add Gadget". 
  • Konfigurasikan/atur widget untuk hanya menampilkan judul posting. kita dapat melakukan ini dengan mengklik "gambar thumbnail" dan "potongan/cuplikan" kotak centang, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

Popular Posts Widget

  • Setelah mengkonfigurasi widget, simpan perubahan dengan mengklik Simpan, dan kemudian Simpan pengaturan.
Selanjutnya adalah menambahkan kode CSS pada blog kita, ada 2 cara yang dapat kita lakukan untuk menambahkan kode CSS pada blog kita, (1)  Pilih "Template" tab, kemudian klik pada Customize> Advanced> Tambah kode CSS


dan kemudian paste gaya kode CSS  yang paling cocok dengan template blog kita dibawah ini :
Note : Beberapa template Blogger mungkin tidak memungkinkan menambahkan CSS di Blogger Template Designer (umumnya karena tidak menggunakan template dasar/basic dari blogger sendiri). Dalam hal ini, untuk menambahkan gaya kode CSS,  yang dapat kita lakukan adalah melalui akses HTML Template - dari Dashboard Blogger, ke Template> Edit HTML dan paste kode tepat di atas kode tag html ]]> </ b: skin> .  
Berikut adalah kode CSS masing-masing gaya, kita hanya dapat memilih salah satu yang sukai dan menaruhnya di blog.
Anda dapat melihat masing-masing gaya ini beraksi di demo blog berikut :

GAYA - 1,
Kode CSS-nya :

GAYA - 2,
Kode CSS-nya :


GAYA - 3,
Kode CSS-nya :


GAYA - 3, Yang saya gunakan
Kode CSS-nya :

Dalam pengaplikasiannya, kadang kode CSS original (Milik HELP BLOGGER http://helplogger.blogspot.ro/2013/09/4-different-styles-for-popular-posts.html) tidak selalu cocok dengan template awal blog kita, maka perlu kita Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM) agar sesuai dengan template awal kita, maka dalam penerapannya pada blog saya,kode CSSnya saya modifikasi menjadi :


Kode CSS-nya :


Amati, Tiru, dan Modifikasi - ATM "Belajar Berbagi"

2 komentar:

  1. Unknown said...:

    KERENNNN....
    numpang COPAS shop...

Post a Comment

 
AGATHA BELAJAR BLOGGING © 2014 | Designed by Chica Blogger | Modified by Agatha Nicole